Cara Dan Tips Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Cara Dan Tips Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Cara Dan Tips Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Cara dan tips menjaga kesehatan paru-paru -, Paru-paru merupakan salah satu dari organ vital terpenting di dalam tubuh. Organ tubuh bagian dalam yang satu ini, memiliki peranan penting dalam pernafasan. Selain itu, paru-paru juga memiliki tugas sebagai penyuplai oksigen terbesar di dalam tubuh. Sehingga, jika terdapat gangguan berupa permasalahan kesehatan pada paru-paru, tentu sitem pernapasan akan terganggu, dan secara otomatis jantungpun akan bekerja lebih keras lagi. Tak hanya itu, berbagai gangguan kesehatan paru-parupun akan muncul, yang diantaranya seperti penyakit hepatitis, penyakit emboli paru dan penyakit paru lainnya. Jika kondisi tersebut di biarkan dengan begitu saja, maka gangguan permasalahan tersebut akan semakin kronis dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Baca juga: Tips Atasi Sakit Payudara Saat Hamil Trimester Pertama

Cara dan tips menjaga kesehatan paru-paru

Untuk menghindari beberapa gangguan kesehatan pada paru-paru, kita patut tahu bagaimana cara menjaga kesehatan paru-paru secara baik dan benar mulai dari sekarang. Nah untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara khusus, beberapa cara maupun tips yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru anda.

Hindari kebiasaan merokok

Tips yang pertama yang patut anda lakukan adalah menghindari kebiasaan buruk merokok. Itu di sebabkan, karena di dalam rokok terkandung zat berbahaya yang diantaranya adalah nikotin. Jika zat berbahaya ini masuk ke dalam tubuh, maka nikotin akan merusak organ-organ penting di dalam tubuh, dan salah satunya adalah paru-paru. Bahkan para dokterpun telah mensurvei, bahwa diantara 10 perokok aktif, 9 diantaranya mengidap penyakit paru-paru. Untuk itu, mulai dari sekarang jauhi zat berbahaya nikotin dengan menjauhi kebiasaan merokok mulai dari sekarang.

Hindari udara tidak sehat (polusi udara)

Polusi udarapun merukan salah satu musuh untuk paru-paru. Untuk itu, usahan udara yang anda hirup adalah udara segar yang bebas dari polusi udara. Dan bagi anda yang memiliki rumah di kota, untuk menghadang polusi udara terhirup oleh anda, ada baiknya anda menanam beberapa pohon di sekitar rumah anda, sehingga udara  di lingkungan rumah anda akan selalu terjaga kesehatannya. Selain itu, sangat penting untuk menggunakan masker saat anda berpergian, baik perjalanan dekat maupun jauh. Dengan masker anda akan terhindar dari polusi udara, yang merupakan cikal bakal gangguan pada paru-paru.

Lakukan olahraga secara rutin

Tips untuk menjaga kesehatan paru-paru selanjutnya adalah dengan berolah raga secara teratur. Dengan berolah raga secara teratur, paru-paru akan semakin sehat, karena pernafasan kita akan tertata saat kita rutin melakukan olah raga. Dan olah raga yang sangat di rekomendasikan untuk menjga kesehatan paru-paru diantaranya adalah berenang, berlari dan berjalan. Dengan rutin melakukan salah satu atau ketiga jenis olahraga tersebut, maka anda akan terbebas dari berbagai gangguan permasalahan kesehatan paru- paru yang dapat mengancam nyawa anda.

Hindari stres

Kelelahan dalam menghadapi suatu permasalahan, sering kali dapat membuat seseorang mengalami stres dan tertekan. Dan demi menjaga kesehatan paru-paru anda, anda harus membuat fikiran anda tenang dan nyaman. Usahakan atasi semua permasalahan dengan pikiran yang tenang dan juga akurat. Dengan begitu, paru-paru andapun akan semakin sehat dan juga dalam kondisi prima setiap saat.

Bernapas melalui hidung

Poin selanjutnya, cara maupun tips yang dapat di lakukan untujk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan bernafas melaui hidung. Meski terdengar sederhana, namun hal ini memiliki manfat luar biasa untuk kesehatan paru-paru anda. Hal tersebut di karenakan, dengan bernapas melaui hidung, maka udara yang akan masuk ke paru-paru akan tersaring lebih dahulu dari berbagai kotoran menggunakan bulu hidung.

Mengurangi makanan yang menyebabkan lendir di paru-paru

Jenis makanan yang mengandung gula dan zat kimia, merupakan sumber makanan yang dapat menyebabakan timbulnya lendir di oaru.  Lendir berlebih yang menempel di paru-paru dapat menyebabkan penyakit paru-paru kronis  jika tidak ditangani dengan segera.

Mengkonsumsi makanan sehat

Jenis makanan sehat yang sangat baik untuk kesehatan paru-paru diantaranya seperti makanan yang mengandung omega 3, makanan yang mengandung vitamin C, bawang putih serta buah dan sayur. Semua jenis makanan tersebut dapat meningkatkan daya kerja paru-paru anda, sehingga organ pernapasan ini menjadi lebih sehat.

Mengkonsumsi air putih yang cukup

Cara menjaga kesehatan paru-paru yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, minimal 7 hingga 8 gelas sehari. Hal tersebut sangatlah penting, karena air putih dapat mengeluarkan berbagai jenis zat racun secara alami yang ada di dalam tubuh.

Nah, itulah cara dan tips menjaga kesehatan paru-paru yang dapat kami sampaikan untuk anda pada kesempatan kali ini. Semoga dengan ini, anda dapat menjaga serta sadar akan pentingngnya menjaga kesehatan paru-paru anda. Terimakasih telah menyimak artikel kami di sela kesibukan anda. Dan selamat berjumpa kembali pada artikel berikutnya.

Baca juga tips kesehatan lainnya:

Cara Dan Tips Menjaga Kesehatan Paru-Paru | Nida Saripa | 4.5