Cara Alami Mengobati Sakit Flu Pada Ibu Hamil

Cara alami mengobati sakit flu pada ibu hamil -, Daya tahan tubuh wanita hamil yang lemah, sering kali menyebabkan mereka mudah terserang penyakit, yang diantaranya seperti sakit flu. Bahkan para penelitianpun menjelaskan bahwa flu pada ibu hamilakan berlangsung 3 kali lebih lama.

Cara Alami Mengobati Sakit Flu Pada Ibu Hamil

Cara alami mengobati sakit flu pada ibu hamil

Ciri ataupun gejala-gejala flu pada ibu hamilpun tidak ada bedanya dengan gejala flu pada umumnya, seperti batuk, sakit tenggorokan, pilek serta demam tinggi. Selain itu, terkadang timbul beberapa gejala lainnya seperti cepat lelah, muntah, diare, sakit kepala serta rasa sakit pada beberapa anggahota tubuh.

Flu pada wanita hamilpun berisiko komplikasi tinggi seperti bronkitis dan pneumonia. Selain itu, di khawatirkan dari dampak flu sendiri mempengaruhi pertumbuhan sang bayi, yang dapat memicu persalinan prematur ataupun berat badan bayi rendah saat lahir. Pengobatan sakit flu pada ibu hamil tidaklah sesederhana pengobatan flu pada umumnya. Pasalnya, janin akan ikut terkena dampak jika pemilihan obat flu pada ibu hamil tidak tepat. Terlebih pada ibu hamil muda yang usia kehamilannya baru memasuki 12 minggu pertama. Karena pada masa itulah, merupakan masa penting perkembangan organ vital bayi.

Tips dan cara alami mengobati sakit flu pada ibu hamil muda atau trimester pertama

Sebagai alternatif, anda dapat mencoba beberapa tips dan cara mengobati sakit flu pada ibu hamil menggunakan bahan alami, yang pastinya tidak akan menimbulkan efek samping bagi anda maupun sang janin. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Banyak minum air putih

Cara alami pertama yang dapat anda lakukan untuk mengatasi sakit flu anda, adalah dengan mengonsumsi banyak air putih. Dan diusahakan air putih yang anda konsumsi juga air putih hangat. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk membersihkan berbagai bakteri yang ada pada tenggorokan, yang membuat anda merasa tidak nyaman. Selain itu, dengan banyak mengonsumi banyak air putih juga, dapat membantu anda menggantikan cairan tubuh yang telah terkuras banyak, akibat ingus serta keringat yang keluar dari tubuh. Untu itu, jika anda kini sedang sakit flu, pastikan anda mengonsumsi air putih 8 gelas perhari bahkan lebih.

  • Minum wedang Jahe hangat

Cara inipun cukup ampuh untuk mengobati sakit flu saat kehamilan. Cara pembuatnnyapun cukup mudah, yaitu dengan menggunakan jahe yang sudah di bakar, lalu di keprek, dan seduh menggunakan air panas. Alangkah lebih baiknya lagi jika jahe yang di gunakan adalah jahe merah. Minuman ini sangat berkhasiat untuk melegakan tenggorokan dan membunuh virus penyebab flu di dalam tubuh.

  • Madu

Madu mengandung berbagai zat serta nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dan salah satunya, adalah dapat mengatasi flu pada ibu hamil. Itu di karenakan madu dapat di gunakan sebagai antibiotik alami, yamang mana di dalamnya terkandung zat yang bernama demulcentsy. Zat tersebut berkhasiat untuk menghilangkan iritasi pemicu flu dan batuk di selaput lendir. Selain bermanfaat, madu juga terbilang relatif aman di banding dengan penggunaan obat kimia untuk ibu hamil.

  • Berkumur menggunakan air garam

Cara alami untuk mengatasi sakit flu saat hamil juga, dapat di lakukan dengan berkumur menggunakan air garam. Sebagaimana di kutip dari newyork times, yang di kememukakan oleh Dr. Philip T Hagen dari mayo clinic book of home remedies, bahwa larutan garamm ternyata dapat menarik cairan berlebih pada jaringan yang meradang di tenggorokan, sehingga dapat membuat rasa sakit berkurang. Beliaupun menambahkan, bahwa berkumur dengan air garampun dapat mengendurkan lendir kental, serta dapat menghilangkan iritan berupa bakteri ataupun virus dari tenggorokan.  Lakukanlah cara ini secara tertaur 3 kali sehari.

  • Terapi uap

Terapi uap juga, bisa menjadi pilihan pengobatan alternatif alami dan aman sakit flu pada ibu hamil. Caranya, yaitu dengan menyiapkan air panas pada sebuah wadah, yang lalu di campurkan dengan rempah seperti bawang atau beberapa tetes minyak kayu putih. Setelah itu, hirup uap panas dari wadah tersebut selama beberapa waktu. manfaat yang dapat anda rasakan adalah dapat membantu mengencerkan ingus yang ada di dalam hidung maupun tenggorokan. Lakukan uap air ini sebagai aroma terapi di pagi hari.

  • Makan buah dan sayur yang banyak

Agar flu yang anda tidak berkepanjangan, sebaiknya andapun melakukan cara alami mengatasi sakit flu pada ibu hamil berikutnya, yaitu memperbanyak mengonsumsi buah dan sayur, terlebih yang mengandung vitamin C dan mineral. Cara inipun sangat berkhasiat untuk memperbaiki sistem imun tubuh ibu hamil. Dengan sistem imun tubuh yang baik, maka dapat membantu menyembuhkan flu berat pada ibu hamil.

  • Istirahat dengan cukup

Cara alami mengatasi sakit flu pada ibu hamil adalah istirahat yang cukup. Hal itu dapat mengembalikan sitem kekebalan tubuh agar kembali meningkat. Hak tersebutpun dapat membantu untuk menghilangkan virus flu di dalam tubuh. Dan alangkah baiknya, ibu hamil yang terkena flu pada saat ini agar beristirahat secara total agar daya tahan tubuh kembali normal.

  • Menggunakan herbal

Tips ataupun cara alami mengatasi flu pada ibu hamil selanjutnya adalah dengan menggunakan obat herbal flu yang aman untuk ibu hamil. Meski demikian, andapun jangan sembarang pilih obat herbal. Karena bisa jadi obat yang mengatas namakan herbal tersebut palsu. Untuk itu, pilihlah produk yang telah terbukti khasiatnya. Dan pastikan produk tersebut telah berlegalitaskan DINKES atau BPOM atau belum.

Nah itulah beberapa cara alami mengobati sakit flu pada ibu hamil. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda. Dan selamat berjumpa kembali pada artikel berikutnya.

Cara Alami Mengobati Sakit Flu Pada Ibu Hamil | Nida Saripa | 4.5