Bahaya Menggunakan Headseat Terlalau Lama

Bahaya menggunakan headset terlalu lama -, Semua orang pastinya mengenal  apa itu headseat. Bahkan barang yang satu ini, merupakan salah satu barang yang sulit di lepaskan bagi para pemncita musik dan audio lainnya. Hal tersebut di karenakan headseat memberikan privasi yang lebih baik di banding dengan dengan menggunakan speaker besar yang lebih memberikan pengaalaman mendengarkan audio yang baik.

bahaya menggunakan headsetSebenarnya headseat sendiri bukanlah  barang baru. Semenjak radio  dan pemutar musik potable mulai banyak di gunakan, nah pada saar itu pula headseat mulai berkembang. Headseat sendiri kini telah terdiri dari beribu-ribu jenis dan tipe. seperti handsfree dengan microphones, headphone, earphone, earplug, in-ear monitor dan masih banyak lagi jenis lainnya. Harganyapun bervariasi mulai dari yang murahan sehara 10 ruibu rupiah hingga, headset kelas premium dengan harga jutaan lebih, yang mana kualitasnya juga lebih canggih.

Meski menggunakan headset memberikan keuntungan kepada kita seperti menjaga privasi dari pendengar audio, membuat kita lebih stylish, kualitas suara yang jernih dan mudah di bawa kemanapun. Namun di balik itu, semua, penggunaan head set terlalu bahkan saat tidur, ternyata dapat memberikan efek negatif pada kesehatan telinga kita. Lalu apa saja bahaya menggunakan headseat terlalau lama? Untuk mendapatkan jawabannya anda bisa menyimak informasi berikut ini.

Dampak bahaya menggunakan headset terlalu lama

Sama seperti halnya meonton televisi dan menatap layar komputer, penggunaan headseat pun memiliki batasan dan tidak boleh terlalu lama. Maka dari itu, usakan untuk tidak menggunakan headseat lebih dari 2 jam sela berturut turut. Dan setelah 4 jam anda mengistirahatkan telinga anda, anda bisa kembali menggunakannya dengan aturan yang sama. Adapun bahaya penggunaan headseat adalah sebagai berikut.

1. Dapat menyebabkan telinga menjadi berdengung

Tak jarang meraka yang selalu menggunakan headseat terlalu secara terus menerus mengalami telinga berdengung hal tersebut tentunya membeuat kita tidak nyaman dengan pendengaran kita sendiri. Kondisi tersebut hampir mirip saat kita melakukan perjalanan jauh atau menaiki pesawat. Hal tersebut sering menyebabkan adanya perubahan tekanan udara di sekitar kita.

Untuk mengatisipasi kondisi tersebut, anda bisa menahan napas anda sambil memencet hidung anda. Lalu tiup sambil memencet hidung anda. Maka telinga yang berdengung tersebut akan pulih. Namun apabila cara tersebut tidak berhasil dan kondisi anda malah berkepanjangan, harap segera periksakan diri ke dokter, karena bisa jadi gendang telinga atau bagian telinga dalam lainnya mengalami iritasi.

2. Telinga menjadi tuli sesaat

Bahaya menggunakan headset terlalu lama juga bisa menyebabkan tuli sesaat. Bahkan resiko tersebut akan kian tinggi jika di sertai dengan kuantotas suara yang cukup besar, hal tersebut hanya dapat menyebabkan anda mengalami permanen. Maka dari itu, usahakan agar penggunaan headseat harus di batasi dalam sehari, agar tidak menyebabakan hal-hal yang tidak inginkan.

3. Kurang awas dengan keadaan sekitar

Penggunaan headset sering kali menyebabakan perhatian kita hanya terfokus pada suara yang berasal dari headset saja. Hal tersebut membuat diri kita menjadi tidak awas dan juga cenderung mengabaikan dunia luar dan dunia sekitar kita. Dan oleh sebab itu pula kita cenderung lebih menjauh dari lingkungan sosial dan tidak ingin berinteraksi dengan lingkungan kita sendiri.

4. Memperbesar resiko terjadinya kecelakaan

Seperti yang telah kita kita sevbutkan sebelumnya, bahaya penggunaan headseat berlebihan dapat membuat kita kurang awas terhadap lingkungan kita, dan cenderung mengabaikan dunia luar sekitar kita. Hal tersebut juga tak jarang menyebabkan terjadinya kecelakaan dan kematian mendadak.

5. Kuman masuk ke telinga

Masalah lainnya yang timbul akibat penggunaan headset terlalu lama adalah memicu masuknya kuman ke dalam telinga. Karena headset sendiri merupakan salah satu alat yang memiliki kandungan kuman cukup tinggi. Hal tersebut di karenakan headset merupakan salah satu barang yang selalu di letakan di tempat terbuka danpa menggunakan perlindungan, serta jarang mengalami pembersihan alias di cuci.

Maka tak heran jika headset menjadi sarang kuman dan juga bakteri. Dan jika kuman telah masuk ke dalam telinga maka tak jarang menimbulkan berbagai permasalahan kesehatan seperti terjadinya peradangan pada telinga, dan menyebabakan gangguan kesehatan seperti sakit congek dan lainnya.

6. Telinga mengalami kelelahan

Kondisi ini sering kali di sebut juga dengan ear fatigue. Kelelahan telinga sendiri meruapakan suatu kondisi dimana telinga terlalu banyak menerima stimulus dari suatu secara bersamaan dan terus menerus. Kelelahan pada telinga ini dapat menyebabkan daun telinga terasa perih dan juga sakit. Tentunya kondisi ini menyebabkan pendengaran menjadi tidak nyaman dan agak sulit untuk menangkap gelombang suara.

Nah itulah beberapa bahaya menggunakan headset terlalu lama yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat menjadi perhatian bagi kita semua dalam menggunakan barang-barang yang dapat mempengaruhi kesehatan kita secara bijak.

Bahaya Menggunakan Headseat Terlalau Lama | Nida Saripa | 4.5